Senin, 23 Februari 2009

Peredaran Darah Janin


Sirkulasi darah janin dalam rahim tidak sama dengan sirkulasi darah pada bayi dan anak. Dalam rahim, paru-paru tidak berfungsi sebagai alat pernafasan, pertukaran gas dilakukan oleh plasenta.

Darah mengalir dari plasenta ke janin melalui vena umbilikalis yang terdapat dalam tali pusat. Jumlah darah yang mengalir melalui tali pusat sekitar 125 ml/kg/Bb per menit atau sekitar 500 ml per menit.
Melalui vena umbilikalis dan duktus venosus, darah mengalir ke dalam vena cafa inferior, bercampur darah yang kembali dari bagian bawah tubuh, masuk atrium kanan di mana aliran darah dari vena cafa inferior lewat melalui foramen ovale ke atrium kiri, kemudian ke ventrikel kiri melalui arkus aorta, darah dialirkan ke seluruh tubuh.
Darah yang mengandung karbondioksida dari tubuh bagian atas, memasuki ventrikel kanan melalui vena cafa superior.Kemudian melalui arteri pulmonalis besar meninggalkan ventrikel kanan menuju aorta melewati duktus arteriosus. Darah ini kembali ke plasenta melaui aorta, arteri iliaka interna dan arteri umbilikalis untuk mengadakan pertukaran gas selanjutnya. Foramen ovale dan duktus arteriosus berfungsi sebagai saluran/jalan pintas yang memungkinkan sebagian besar dari cardiac output yang sudah terkombinasi kembali ke placenta tanpa melalui paru-paru.

Pusdiknakes Depkes RI JKT 1992

9 komentar:

akira ined mengatakan...

sebenarnya saya hanya kagum dengan saudara
saya ana kebidanan, tpi saya sungguh sangat dirisaukan oleh diri saya sendiri yang kurang menyukai bidang ini
bisakah anda membantu saya untuk menyukainya?

akira ined mengatakan...

sukses untuk anda

listy-ismailianto mengatakan...

Terimakasih Akira udah kunjungi blog ini. Sebetulnya untuk memulai sesuatu, paling tidak kita simpati terlebih dahulu supaya nantinya dapat menikmati perjalanan yang akan di tempuh. Semoga, seiring waktu anda bisa enjoy...

Rumidi Ar Rasyid mengatakan...

ikutan belajar ya bu.. sya lagi kuliah jurusan biologi neh... makasih ya atas postingnya, bagus-bagus..

listy-ismailianto mengatakan...

Ya,,semua proses belajar begitu jg saya,,biologi dan kebidanan ada benang merahny,,bisa saling support. makasih atas kunjunganny.

Okky mengatakan...

Budhe Ti yang terhormat... artikelnya bagus2, sangat bermanfaat bagi ibu dan calon ibu. Senang bisa masuk ke blog ini. Ma kasih ilmunya... Salam kangen dan sukses selalu,,

listy martanti mengatakan...

Met datang n b'gabung mama tyara, masih tahap belajar jg kok Dheti. klo pas lagi semangat,he2. salam kangen y buat Tyara.

neyume sist'r mengatakan...

trimakasih atas informasi yang sudah membantu saya dalam menyelesaikan tugas

listy martanti mengatakan...

terimakasih jg sudah berkunjung ke blog saya dan bermanfaat untuk anda,,,sering-sering berkunjung y,,,tks